Kamis, 20 Oktober 2016

Mbah Demang


- Berkunjung ke makam Eyang Demang Kusuma -
Batu kali yang di ambil dari tempat goa pertapaan Eyang Demang Kusama atau Mbah Demang , yang di prakarsai oleh Samsul Hadi Siswoyo ( Eks.Bupati Jember ) pada tahun 1998 . Salah satu tempat sejarah di dusun Sembah, 500m dri titik nol kilometer yg sempat di kelola oleh seorang supranatural Kebumen.,Jawa Tengah .
Pada tanggal 2 Oktober 2015 adalah kunjungan akhir dan pertama kali saya disana. Wajahnya bersih tampak sumringah, suaranya lembut dan masih tegas, sebagian rambut yang beruban di gelungnya dengan potongan kain borcorak batik berwarna hijau tua.
Adalah Umi Kulsum, perempuan berusia 83 tahun, yang setia sampai saat ini menjaga makam Mbah Demang sejak tahun 1988. Menurut tuturnya, Mbah Demang adalah orang berasal Jawa Tengah yang di utus oleh Wali untuk babat alas dan menyiarkan agama Islam di Jember. Tidak ada catatan yang tertulis kapan Mbah Demang mulai babat alas atau membuka hutan di Jember sebab sejarah Mbah Demang hanya di sampaikan secara lisan, begitupun dengan kisah Suro Nganti kakak Mbah Demang, penjaga alas Purwo-Banyuwangi.
Menjadi juru kunci memang tak semudah membalikkan tangan, semuanya itu harus melalui proses panjang dan rumit. Umi Kulsum sendiri pada saat di pilih menjadi juru kunci mendalami bekal dirinya, mengenai dzikir dan do'a Umi Kulsum memperdalam ilmunya dan berguru pada KH. As'at Syamsul Arifin di Sukorejo, Situbondo. Begitu tutur Umi Kulsum saat kami ngobrol di bawah naungan pohon bambu tepat di pinggir sumur tempat Mbah Demang melakukan pertapaanya dulu.
Makam Mbah Demang bisa di jumpai di dekat persawahan yang tidak jauh dari sungai Jompo. Akses menuju makam tidak sesulit dulu yang harus menyebrangi sungai, kini akses ke makam lebih gampang dengan jalan pintas yang melewati perkampungan Kauman.
Sampai disini dulu kawan-kawan tulisan mengenai Mbah Demang yang berada di daerah Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang.
Berikut photo yang di jepret pada tanggal 2 Oktober 2015. 14:39 olehFirdauz Pradana.

Dokumen.Pribadi. Makam Mbah Demang.

Dokumen. Pribadi. Mkam Mbah Demang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar