Selasa, 18 Oktober 2016

Bulan Purnama


Tanggal 15-17 Oktober 2016.

Dari bilik cendela kamar aku melihat bulan itu tampak tak bergairah. Sinarnya tak seperti malam-malam sebelumnya yang memancarkan dengan terangnya. Sekilas aku ingat ucapan Kakekku, dulu sewaktu aku kecil dia pernah bilang, " iku bulan gerring jenenge. Itu bulan sakit namanya" katanya padaku. Ow, bulan saja bisa sakit apa lagi manusia ya ?, gumamku dalam hati.

Waktu itu aku masih usia enam tahunan, tahu apa aku tentang bulan gerring ?. Dunia anak-anak selalu saja dengan gampang menerima suatu hal yang aneh-aneh. Jika pas ada yang bilang pasti ia menjawab "Oh atau Hmm ", yah itulah dunia anak-anak, tiada bisa membedakan bulan sakit atau bulan waras, yang mereka tahu " kalau bulat muncul di malam hari itu bulan, gak ada lagi ".

Sebenarnya bulan gerring atau bulan sakit itu kan  hanyalah istilah orang zaman bahula. Orang tua zaman dulu sangat peka dalam kondisi, padahal tujuannya agar supaya anak tidak ngelamak sama siapa saja. Semisal begini, " Lek mangan ojok nok lawang, atau lek longgoh ojok nok bantal, atau bla...bla...bla... ".

Dalam hemat saya, ketika bulan gerring datang, adalah mempunyai makna agar supaya si anak tidak keluyuran pada malam hari, dengan maksud anak di harapkan diam dirumah membantu pekerjaan orang tua atau agar tidak capek di keesokan harinya waktu hendak beraktivitas. Itu fersi saya memaknai bulan gerring.

Dalam catatan yang lain menyebutkan bahwa bulan purnama adalah dimana bulan terlihat bundar utuh. Masa purnama adalah masa dimana seluruh kehidupan di bumi di pengaruhi sampai ke titik puncaknya, dalam arti yang masa baik dan masa buruk.

Duh, saya bingung sendiri ya...

Dari pada bingung-bingung, di bawah ini saya akan lampirkan satu buah gambar yang di Jepret oleh Pak Imam Z Belalang Tempur ( nama akun facebook ) pada tanggal 17 Oktober 2016. 19.00. Ia mengirimkan gambar bulan di kolom komentar yang ada di facebook saya, M Budi Hartono.


Dokumen Pribadi. 17 Oktober 2016. 
Hasil karya Pak Imam Z Belalang Tempur ( seorang photografer dari bumi Kalisat )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar