Senin, 10 Oktober 2016

Situs Batu Kenong di Desa Kreongan

Selamat sore Sahabat Kreongan ...

Masih seputar mengenai tentang sejarah yang ada di Desa Kreongan. Kali ini mengenai situs batu kenong .
Tidak dapat di pungkiri bahwasanya masih banyak dari kita yang belum mengetahui " apa " batu kenong itu.

Dalam catatan yang ada, batu kenong adalah sebuah batu yang berbentuk silender atau membulat yang mempunyai tonjolan di puncaknya. Menariknya batu ini seperti bentuk alat musik gamelan seperti kenong.

Batu ini berasal dari tradisi Megalitik di Nusantara.

Megalitik dari kata-kata, mega yang berarti besar dan lithos berarti batu. Jadi megalitikum dapat di sebut juga zaman batu besar, karena pada zaman ini dimana manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaanya yang terbuat dari batu-batu besar.

Catatan dalam versi yang berbeda, batu ini menandakan adanya atau tanda-tanda suatu peradaban manusia. Di perkirakan batu ini adalah dari peninggalan Kerajaan Majapahit.

Adapun fungsi dari batu kenong ini banyak versi, salah satu fungsinya adalah sebagai persembahan kepada nenek moyang dan menjadi pemujaan yang di buat sekitar abad X-IX M ( puslit arkenus ). Jenis tonjolan pada batu kenong mempunyai fungsi yang berbeda, contoh, tonjolan 1 adalah sebagai tanda tempat penguburan, sedangkan tonjolan 2 menandakan sebagai ompak-ompak atau alas bangunan kayu.

Batu ini dapat pula di jumpai di Desa Kamal, yaitu situs Domplang. RZ Hakim ( sejarawan Jember ) juga pernah meuliskan batu kenong dikawasan Desa Kamal tersebut yang hingga kini masih terawat dan di jaga keberadaanya di pelataran ruumah warga, Mbak Nini namanya. Pertengahan tahun 2015 yang lalu saya juga menyempatkan diri berkunjung disana, hingga pernah menuliskan sebelunya pada facebook saya . Batu-batu disana terawat baik sekali.

Di Desa Kreongan sendiri keberadaan batu kenong berada di belakang sebelah utara stadion Noto Hadi Negoro ( stadion lawas ) tepatnya di belakang kantor Dinas Pendidikan. Selain itu dapat di jumpai pula peninggalan-peninggalan sejarah lainya yang sampai saat ini masih terawat dengan baik di Musium bumi Jember.

Jangan lupa bagi kawan-kawan yang datang dan ingin melihat lebih jelas, satu pesan buat kita semua, jaga kelestarianya.

Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat.

Di bawah ini saya lampirkan beberapa photo tentang batu kenong yang saya jepret pada tanggal 8 Oktober 2016, siang  hari.

Dokumen pribadi. photo Batu Kenong

Dokumen. pribadi. Plang Cagar Budaya

Dokumen .pribadi. Plang Himbauan pengunjung.

Dokumen pribadi. Situs Batu Kenong di Desa Kreongan

Dokumen.pribadi. Situs Batu Kenong di Desa Kreongan


Dokumen. pribadi. Berkunjung di situs Batu Kenong, desa Kreongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar