Kamis, 05 Desember 2013

Sampul Tulisan Keeksotisan Alam dan Budaya

Sekitaran pkl 07.00 pagi setelah beres-beres di ruangan tempat kerja , sengaja memang saya mengenjoykan diri dengan menyulut sebatang rokok sembari membolak-balik empat lembar artikel tentang sejarah kesenian reog di atas meja kerja yang saya ambil semalam dari situs di gogle .

Di atas judul tertera si penulis artikel posted by Aris fourtofour , selasa tgl 5/11/'13 .
memang belakangan ini rasa keinginan tahuan saya tentang sejarah kesenian reog tak bisa di bendung lagi , apa sebabnya saya juga enggak ngerti .

Tanggal 20/11/'13 pkl. 1 siang , saya kedatangan tamu dari kota Bandung . kebetulan beliau salah satu senior saya di kelembagaan kemanusiaan dan juga WABI ( Wahana Alam dan Budaya Indonesia )  , karena beliau tertarik dengan adanya woro-woro acara arung sesaji di pantai papuma  , maka waktu itu  saya di percayai sebagai pemandunya .
Entah bagaimana awalnya  , setelah melihat langsung di acara arung sesaji dan arak-arakan reog ponorogo di pantai papuma , beberapa hari kemudian timbul inspirasi saya untuk menulisnya .

Kembali ke artikel tadi , saya coba ambil kesimpulan  ,ternyata tidak sedikit orang  yang masih peduli  dan cinta terhadap keeksotisan alam beserta budaya-budaya yang sudah berumur 500 tahunan bahkan lebih .

Saya juga enggak begitu paham betul , mengapa berbicara mengenai budaya itu lebih asik dan membuat orang lebih enjoy  apalagi sebagai bahan tulis-menulis ataupun lukisan .

Indonesia adalah negeri paling kaya budaya . untuk itu saya akan coba mengorek -orek lagi satu persatu apa yang pernah saya pelajari dulu sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar .
Mungkin setelah tulisan ini selesai saya coba akan angkat kesenian reog ponorogo dulu .

Nah .. Alangkah baiknya  , tentang kesenian reog ini saya tulis ke edisi berikutnya .
mungkin itu saja  , sembari menanti  tulisan saya selanjutnya  ,
  monggo saya persilahkan santai-santai , rokok-rokokan dan sruput kopinya dulu selagi hangat . hehe



          hasil jepretan jurnalis di ambil tgl 20/11/'13 . di pantai tanjung papuma   , jember -jawa timur .

foto ; Aniek Tea ( kiri ) , penari kesenian reog (tengah ) , saya sendiri ( kanan )


n/b ; kerangka tulisan  ( tgl 03/12/'13 , pkl 10 pagi  , Rembangan ) .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar