Sabtu, 14 Desember 2013

Curcumae Domesticae Rhizomo

Masalah harga sama sekali bukan alasan hari ini saya enggak ngebes merokok . meski sempat beberapa minggu vakum menghisapnya  , namun bukan pula alasan yang tepat bila ada kawan atau dari kalangan orang lain mengatakan hal yang serupa dengan saya . dua hari sebelum saya mengungkapkan uneg-uneg lewat tulisan ini ( terhitung tgl 11/12/'13 ) , selera  makan saya berkurang alias enggak mut tapi itu bukan diet .

Bintik - bintik putih yang nangkring di dalam rongga mulut saya memang tak bisa di kompromi . mengapa tidak ? , bukan hanya merubah warna lidah saya dari berwarna merah menjadi keputih- putihan  , tapi juga  membuat saya jengkel waktu ngemplok apapun dan saya yakin Anda juga pernah merasakan sama seperti saya .kurangnya vitamin C , kecapekan yang mengakibatkan panas dalam , terlalu  banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan pedas itulah penyebab timbulnya sariawan .

Sariawan , bintik - bintik putih berbentuk kecil sebulat biji jeruk ini biasanya tumbuh di rongga mulut dan menimbulkan rasa perih ,  ini bukan tergolong penyakit kronis yang sulit di sembuhkan dan bukan pula penyakit musiman . tapi saya menyebutnya penyakit dadakan .
dadakan disini saya jabarkan gampang datang dan gampang hilang dengan sendirinnya  , biasanya jangka pulih 3-7 hari . 

Untuk mengatasi sariawan ini saya pribadi lebih suka menggunakan cara tradisional dan berbahan alami . ada lagi cara yang lebih unik tetapi jarang sekali orang melakukanya , sebab dengan cara seperti ini saya anggap extrime . yaitu , dengan cara  menempelkan cabe yang sudah terpotong-potong persis di bagian sariawan tersebut . coba bayangkan saja  , sariawan segitu perihnya masih di jejeli cabe  , wow....( bukan tanda kutib lagi itu ..) .

Curcumae domesticae rhizomo , masyarakat Indonesia  lebih mengenalnya dengan nama kunyit atau kunir ( orang jawa menyebutnya ) .
Kunyit atau kunir adalah tumbuhan obat sejenis jahe , kencur , berupa semak yang biasanya tumbuh di daerah tropis di perkirakan binar ketinggian 1300 -1600 mdpl , dan bersifat musiman / tahunan dengan ciri - ciri batang berwarna hijau kekuning-kuningan dan bercabang banyak . kunyit juga tergolong rempah-rempah .

Oleh karena itu di kota saya contohnya , kunyit ini sering digunakan selain sebagai bumbu masakan juga di olah menjadi jamu sperti Mbok ijah (foto mbok ijah sehabis tulisan ini ) yang sudah tujuh tahunan lebih berprofesi tukang olah sekaligus rangkap jadi bakul jamu  gendong yang biasa keliling di kampung saya .

Kunyit / kunir banyak di jumpai  seperti negara : India , Cina selatan , Taiwan , Fhilipin , dan Indonesia adalah pembudidaya terbesar di dunia . di Indonesia sendiri kota pacitan -jawa tengah  , stok kunyit bisa mencapai 100 ton/hari .

Kembali lagi ke awal , kenapa saya memilih kunyit / kunir ini untuk mengatasi sariawan yang nangkring di rongga mulut saya ? . kata mbah uti ( =nenek ) saya , kunyit ini bisa menyembuhkan sariawan yang di akibatkan panas dalam  itu .

Setelah saya pelajari dari buku tentang tanaman obat - obatan dan rempah - rempah  , saya dapat tambahan informasi bahwa kunyit juga berkhasiat sebagai pencegah : tifus , kangker , dan juga bisa melancarkan pencernaan . dulu saya sering melihat Mbah  mengolah kunyit ini sebagai tombo sariawan saya . sampai sekarangpun saya masih paham cara mengolahnya .

Cara  mengolahnya enggak jlimet ,  cukup 1 biji  kunyit di parut sampai mempunyai bagian terkecil , sisihkan , lali di tambahgula merah secukupnya untuk mengurangi rasa pahit , setelalah itu aduk dengan air hangat   , kemudian saring  dan monggo seduh selagi segar .

lah gimana  ??/ gampang kan ?? hehe ...

sudah dulu ya .. hehe capek ..dan selamat mencoba ..!!!



Saya dan Mbok Ijah ( bakul jamu keliling ) , foto diambil pada tgl 14 /12 /'13 , pkl 7 pagi  , 
dengan kamera 0,5 mgpxl 


tambahan ; ngebes ( bahasa jawa = terus - terusan ) 
ngemplok ( bahasa jawa = makan ) 
jlimet ( bahasa jawa = gak rumit )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar