Selasa, 22 Oktober 2013

Ciiiiiiiitttttt.....ccccuuuuiiiiiitttt....

Hahay... waduh... saya bingung  menjelaskanya ,

Ya maklumlah saya enggak begitu paham dari mana asal usul dan kapan pertama kali mainan ini muncul .
Yang jelas sewaktu saya masih nak - kanak mainan ini salah satu permainan ter ngetrend   di sekolah saya ,
selain permainan gasing , kecik tehel , cong-cong , dan thek-kethek .

Beberapa hari yang lalu saya di repotkan  kawan2 tentang mainan ini  , -

" iki termasuk alat musik opo piye bro ? " ,
" jenenge opo yo iki ? " ,-
 ada lagi yang nylutuk " iki dulinanku ket cilik Bud , biyen sek aku SD regone Rp 250 ,- an (thn 1993 ) , -
saiki (thn 2013) regone Rp 1500 ,- an  ,  nah berarti kiro-kiro 20 thn kedepan iso dadi regone Rp 1750 ,- an ,
dadi lek awakmu bisnis iki sing kape sugih  suwi Bud , wkwkkwkwk " kata kawan saya sambil terbahak-bahak.

Wah...wah.. dari situ  , saya mengambil kesimpulan bahwa   mainan ini memang tak banyak yang tahu -tentang  nama dan dari mana mainan ini  berasal  , apa lagi menjualnya "lek saiki angel payune le , lek jamanmu sampek lara tanganku sing gawe " kata pak Boy pengrajin sekaligus penjual  citcuit sejak saya SD sampai sekarang .

Karena  memang alat ini cukup jadul jadi citcuit yang pak Boy bikin sering kali hanya sebagai pajangan di kotak pracanganya .

Sewaktu kecil saya dan kawan2 sekolah  menyebutnya  citcuit   bener apa enggak yang jelas ketika saya  menyodorkan uang Rp 500 ,- dan bilang citcuit , spontanitas pak Boy langsung ngomong " iku le , miliho wes le ..! " kata pak Boy dengan bahasa jawa logat telok lemak (kawanku menyebutnya khusus org madura ) hehe..

Cara  memainkanya mudah ,
 tinggal di tiup bagian ujungnya saja sudah menimbulkan suara .
jika ingin seperti suara burung berkicau , ya cukup di tiup dan naik turunkan saja pengatur udaranya   -  ( penyumpalnya ) .
nah dari situ akan terdengar seperti burung berkicau.....ciiiiiitttt.....cuuuuuiiiiiiittttt......cuuuuuiiiiitttt... hehe .

  







hasil jepretan  saya mainan citcuit  , tangan di peragakan saya (mbudi_hartono -akun fb) , tgl 20/10/'13 .di sanggar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar